Kamis, 15 April 2010

Sungai Misterius dan Indah, Sungai Lima Warna di Kolombia





Sungai Cano Cristales yang terletak di Kolombia ini sungguh indah dan menakjubkan sekali. Sungai ini juga dianggap misterius karena mengalami perubahan warna di setiap musim dan pergantian musim. Di pergantian musim, sungai ini mempunyai lima warna di airnya sehingga dikenal dengan "Sungai Lima Warna" atau "Sungai Pelangi. Lalu apakah yang menyebabkan sungai ini bisa mempunyari lima warna? Ternyata adalah ganggang khusus yang ada pada bebatuan disungai tersebut penyebabnya.


Saat-saat yang paling tepat untuk mengunjungi sungai ini adalah disaat pergantian musim karena di saat inilah sungai Cano Cristales ini memamerkan warnanya. Arus air sungai mengatur jumlah matahari yang bisa mencapai ganggang, dan selama musim hujan, arus tersebut menjauhkan sinar matahari dari dasar sungai. Sedangkan pada musim kemarau, airnya terlalu dangkal jadi tidak akan mengeluarkan warna-warna tersebut. Tapi saat-saat diantara kedua musim tersebut merupakan waktu yang tepat bagi Cano Cristales untuk memamerkan warnanya.


Pada saat pergantian musim ini, dasar sungai ditutupi oleh berbagai warna, mulai dari biru, hingga hijau dan merah, dengan banyak gradasi warna. Sayangnya keindahan ini hanya dapat bertahan beberapa hari, antara musim hujan dan musim kemarau. Tetapi justru inilah yang membuat sungai ini menjadi sangat spesial.

Sungai ini tidak lah terlalu besar dengan lebar 20 meter dan panjang 100 meter dan terletak didaerah yang terpencil, didekat kota La Macarena yang hanya bisa dicapai dengan menggunakan kuda atau bagal. Sungguh sayang, karena medan perjalanan nya yang susah, hanya sedikit travel perjalanan yang menawarkan perjalanan kesana. Seandainya sungai ini berada di dekat villa di puncak, pasti banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar